Dalam mengisi kegiatan selama bulan Ramadhan untuk peserta didik kelas VII & VIII OSIS MTs. Al Kautsar mengadakan kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 22 April 2022. Lokasi penyelenggaraan kegiatan pesantrean kilat ramadhan ini di Gedung 1 MTs. Al Kautsar.

Selama kegiatan pesantren kilat ramadhan tersebut para peserta didik kelas VII & VIII di bagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok dibimbing oleh seorang mentor yang sudah ditentukan untuk memberikan materi. Selain itu, setiap harinya peserta didik mengikuti seminar keagamaan dengan tema yang berbeda tiap harinya yang disampaikan oleh narasumber yang berbeda pula. Rangkaian acara dalam kegiatan pesantren kilat ramadhan ini sebelumnya telah diinformasikan pula kepada wali kelas maupun orang tua secara terperinci.

Kegiatan pesantren kilat ramadhan ini mendapat respon positif baik dari para dewan guru maupun para orang tua peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut. Selama pelaksanaan kegiatan pesantren kilat ramadhan para peserta mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan oleh panitia. Setiap harinya kegiatan pesantren kilat ramadhan ini diawali dengan pembacaan ratib, seminar keagamaan, tadarus bersama, hingga mentoring mengenai materi yang telah ditentukan selama kegiatan pesantrean kilat ramadhan.

Pada hari terakhir kegiatan pesantren kilat ramadhan diadakan kegiatan evaluasi untuk para peserta pesantren kilat ramadhan hingga perlombaan yang dapat diikuti oleh masing-masing perwakilan kelompok sanlat. Tak ketinggalan juga kegiatan berbagi Takjil oleh panitia kepada orang yang membutuhkan menjelang waktu berbuka puasa. Pendanaan dari berbagi Takjil bersumber dari uang infak peserta pesantren kilat ramadhan.

Alhamdulillah rangkaian acara dari pesantren kilat ramadhan MTs. Al Kautsar ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah diatur oleh panitia penyelengara. Selain itu, para peserta pesantern kilat ramadhan ini tentunya mendapatkan pengetahuan tambahan serta pengalaman yang bersifat positif untuk diri mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>