Program Kurikulum
MTs Al Kautsar
Program Kerja Wakil Kepala Bidang Kurikulum
Madrasah Tsanawiyah Al Kautsar Tahun Pelajaran : 2024 / 2025
NO | WAKTU | Urut | TUGAS | 25% | KET |
1 | Awal Tahun Pelajaran | 1 | Menyusun program kerja tahunan (action plan ) | ||
2 | Menyusun program pembelajaran | ||||
3 | Menyusun pembagian dan uraian tugas guru. | ||||
4 | Menyusun penjabaran kalender pendidikan. | ||||
5 | Menyusun personalia wali kelas dan petugas guru piket/siaga. | ||||
6 | Mengkoodinir penyusunan KTSP, Kalender Pendidikan, Prota, Promes, Silabus, RPP/Modul | ||||
7 | Mengkoordinir penulisan dan pengembangan bahan ajar | ||||
8 | Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan bahan ajar yang telah berlaku | ||||
9 | Membuat kode mata pelajaran sesuai urutan yang ada di buku kurikulum. | ||||
10 | Membuat jadwal pelajaran | ||||
11 | Membuat MGMP sekolah | ||||
12 | Membuat target kurikulum dan daya serap | ||||
13 | Membantu Kepala Madrasah menyusun SK pembagian tugas mengajar guru | ||||
14 | Membantu Kepala Madrasah membuat SK pembagian tugas bagi tenaga kependidikan | ||||
15 | Menyiapkan absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang studi | ||||
16 | Memeriksa Buker yg dikumpulkan dan memaraf sebelum disyahkan oleh Kamad | ||||
17 | Membuat komposisi wali kelas, guru mapel dan guru piket. | ||||
2 | Kegiatan Harian | 18 | Mengajar sesuai dengan beban kerja yang telah ditetapkan | ||
19 | Bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan sekolah pada saat Kepala Madrasah tidak ada di tempat. | ||||
20 | Terlaksananya PBM sesuai dengan jadwal | ||||
21 | Membuat buku jurnal kerja harian | ||||
22 | Membantu Kepala Madrasah mengawasi KBM | ||||
23 | Membantu Kepala Madrasah dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang efektif dengan menetapkan disiplin belajar siswa | ||||
24 | Membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM | ||||
25 | Menerima, atau menolak guru ijin tidak masuk | ||||
26 | Meng-handle guru terlambat datang karena suatu hal. | ||||
27 | Mengecek kehadiran guru yang mengajar pada jam pertama. | ||||
28 | Menanyakan alasan guru yang datang terlambat. | ||||
29 | Meminta guru segera masuk kelas setelah bel masuk sesudah istirahat. | ||||
30 | Mengingatkan guru yang sering meninggalkan ruang kelas. | ||||
31 | Mengecak kelas yang ramai, gaduh, memukul-mukul bangku dan sejenisnya. | ||||
32 | Supervisi informal terhadap keadaan KBM per kelas dari luar kelas. | ||||
33 | Melakukan pembinaan dan bahkan teguran terhadap kinerja guru yang lemah. | ||||
34 | Melakukan pembinaan, dan bahkan teguran terhadap kerja guru | ||||
35 | Mendorong guru mapel untuk mengajak dan meningkatkan budaya baca murid dengan menggunakan perpustakaan. | ||||
36 | Memonitor etos kerja guru setiap saat. | ||||
37 | Sensitive terhadap situasi KBM yang berlangsung. | ||||
38 | Membantu Kepala Madrasah mengawasi kegiatan pendalam materi | ||||
3 | Kegiatan Mingguan | 39 | Menyusun program pengayaan mata pelajaran | ||
40 | Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan siswa | ||||
41 | Mengkordinir pelaksanaan Tasmi' kelas Tahfidz | ||||
42 | Memberikan laporan kepada Kepala Madrasah tentang pelaksanaan KBM selama satu minggu | ||||
43 | Bekerjasama dengan Bid Kesiswaan dalam menyiapkan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin | ||||
44 | Meminta guru mapel memanfaatkan media dan alat-alat praktek IPA dan Mtk. | ||||
45 | Mengadakan pertemuan konsolidasi dengan masing-masing wakasek, guru BK dan wali kelas | ||||
4 | Kegiatan Bulanan | 46 | Dokumentasi soal ulangan harian per mata pelajaran (dilakukan guru) | ||
47 | Menyusun agenda rapat guru | ||||
48 | Rapat rutin pembinaan dan koordinasi | ||||
49 | Mewakili sekolah dalam kegiatan–kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum. | ||||
50 | Mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan KBM dan ektrakurikuler | ||||
51 | Mengadakan konsultasi dengan guru mata pelajaran dan BK tentang kesulitan belajar dan absensi siswa | ||||
52 | Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan harian bersama ( UHB ) | ||||
53 | Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan PTS | ||||
54 | Memeriksa administrasi wali kelas, seperti: raport, jurnal kelas, leger, buku konseling/buku catatan kasus, buku serah terima raport dan lain-lain. | ||||
55 | Menentukan dan menangani serta memeriksa administrasi guru piket. | ||||
56 | Membuat laporan tentang kinerja guru, wali kelas dan pengawas KBM | ||||
5 | Kegiatan Semesteran | 57 | Mengkordinir pelaksanaan evaluasi belajar semester, kenaikan kelas, AM | ||
58 | Menyusun kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan | ||||
59 | Mengkordinir penyusunan administrasi pembelajaran | ||||
60 | Mengkordinir mahasiswa yang akan melaksanakan PPL dan Penelitian | ||||
61 | Menyusun jadwal kegiatan supervisi kelas | ||||
62 | Masuk kelas guna melakukan supervisi formal dengan administrasi supervisi. | ||||
63 | Menyusun laporan kegiatan Ulangan Umum | ||||
64 | Membuat grafik target ketercapaian kurikulum tiap akhir semester | ||||
65 | Membuat grafik daya serap (dari rerata nilai raport) tiap akhir semester | ||||
66 | Menentukan analisis soal ujian secara online sekaligus rencana pengarsipannya. | ||||
67 | Menentukan dan membuat rencana koreksi hasil PTS, PAS, PAT dan ujian lainnya. | ||||
68 | Menentukan sistim dan kriteria pembuatan soal PTS, PAS, PAT dan lainnya. | ||||
69 | Menentukan dan membuat jadwal PTS, PAS, PAT, Ujian Praktek dan lainnya. | ||||
70 | Membuat data input dan output persemester (dari rerata Nilai Ulangan umum Murni) | ||||
71 | Membuat format leger | ||||
72 | Membuat jadwal pendampingan wali kelas untuk meng-input nilai raport. | ||||
73 | Menentukan konsep raport online (RDM) dan melakukan pendampingan bagi wali kelas. | ||||
74 | Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan semesteran | ||||
75 | Membantu Kepala Madrasah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku raport | ||||
76 | Membantu Kepala Madrasah dalam mengawasi pembagian buku raport |