MTs. Al Kautsar Depok

Pimpinan

MTs Al Kautsar

Drs. Ali Murod Hadiyanto, M.M .

Wakil Kepala Madrasah

Wakil Kepala Madrasah merupakan posisi kunci dalam manajemen madrasah yang bertugas membantu Kepala Madrasah dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dan administrasi. Wakil Kepala Madrasah berperan sebagai koordinator di berbagai bidang, seperti kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat. Mereka memastikan setiap program pendidikan berjalan efektif dan efisien, serta mendukung pengembangan potensi siswa dan guru.

Selain itu, Wakil Kepala Madrasah bertanggung jawab atas perencanaan, pengawasan, dan evaluasi berbagai kegiatan madrasah, baik akademik maupun non-akademik. Jabatan ini juga berperan penting dalam menjaga kualitas pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, guru, dan orang tua.

Dengan tugas yang strategis ini, Wakil Kepala Madrasah berperan sebagai penggerak utama dalam mewujudkan visi dan misi madrasah, mendukung peningkatan mutu pendidikan, dan memastikan tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.

Bahasa Arab

  1. S.1 Universitas Indonesia (UI) Depok Fakultas Sastra Jurusan Arab (Asia Barat), tahun 1990
  2. A.4 Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, tahun 1997
  3. A.4 Pendidikan UNJ Jakarta, tahun 1999
  4. S.2 STIMA IMMI Jakarta Jurusan Manajemen Pendidikan, tahun 2012
  1. Anggota MGMP Bahasa Arab Korwil II Kota Depok
  2. Anggota PGM Kota Depok
  3. Anggota PGM Republik Indonesia

H. Abdul Muiz, S.Pd., M.M.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum

Aspek akademik berjalan lancar dan sesuai standar. Saya yang mengatur jadwal pelajaran, memantau proses belajar mengajar, dan memastikan bahwa kurikulum yang kita gunakan benar-benar relevan dengan kebutuhan siswa. Tugas saya bukan hanya soal perencanaan, tapi juga memberikan arahan kepada para guru, mendiskusikan metode pengajaran yang efektif, serta terus mencari cara agar pembelajaran di kelas lebih menarik dan inovatif.

Setiap hari, saya berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung siswa untuk berkembang, baik dalam hal pengetahuan maupun karakter. Saya percaya bahwa kurikulum bukan sekadar dokumen, tapi sebuah alat untuk membentuk generasi yang cerdas dan berakhlak. Itulah mengapa saya selalu mengevaluasi dan menyesuaikan apa yang kita ajarkan agar sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa.

Dalam peran ini, saya merasa menjadi bagian penting dari perjalanan siswa dan guru, mendampingi mereka untuk terus belajar, berkembang, dan berprestasi.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

S2 Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

  1. Anggora pengurus PMII (th 2005)
  2. Pembina OSIS (th 2010 – 2021)
  3. Anggota MUI Kel Mekarsari (th 2022 sd sekarang)

Ahmad Mubarok, S.H.I., M.Pd.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan

Wakil kepala madarasah bidang kesiswaan adalah wakil kepala yang mengemban tugas dalam bidang leadership siswa (OSIS), ekstrakurikuler, dan kedisplinan siswa.

Fikih

Magister PAI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Katib Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukmajaya

Drs. Jahrudin Yusup, M.M

Wakil Kepala Bidang HUMAS

Humas di Madrasah adalah jabatan untuk membantu kepala madrasah, menyampaikan informasi yang datang dari sekolah dan luar sekolah, diharapkan publik dapat memahami perkembangan pendidikan serta menginformasikan permasalahan yang terjadi. Humas adalah hal yang sangat penting dan diperlukan oleh sebuah lembaga, organisasi untuk menciptakan citra baik, menginformasikan, mengedukasikan ke khalayak tentang kelebihan dan keunggulan sebuah lembaga, organisasi yang berada dalam naungannya.

Fikih

  1. S1 Universitas Ibn Khaldun Bogor
  2. S2 Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta
  1. Kepala SMA Islam An Nizhomiyah (1999 – 2015)
  2. Anggota MUI Kecamatan Sukmajaya, Sie. Pendidikan dan Dakwah (2019 – 2014)
  3. Ketua Lembaga Pengembangan Qur’an (LPTQ) Kecamatan Sukmajaya (2022 – 2024)
  4. Pembina Karakter ASN Kota Depok (2019 – 2024)
  5. Pembimbing Rohani Islam Kota Depok (2023 – 2024)

 

H. Marzuki AR, S.Pd.I.

Wakil Kepala Bidang SARPRAS

Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan fasilitas pendidikan di madrasah. Tugas utamanya meliputi perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, serta pengawasan sarana seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. Selain itu, jabatan ini juga memastikan fasilitas yang tersedia berfungsi optimal, aman, dan nyaman untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Pengelolaan anggaran terkait sarana dan prasarana juga menjadi bagian dari peran ini, sehingga turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.

S1 Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor

  1. Ketua Organisasi Remaja Karang Taruna Tipar (1986 – 1992)
  2. Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Kel. Mekarsari (2014 – 2020)
  3. Ketua DKM Masjid Ar Rasidah Kp. Tipar (1994 – 2016)
  4. Ketua Yayasan Marhamatur Ridho (2006 – sekarang)

Aan Setiawan, S.T.

Kepala Urusan Tata Usaha

Jabatan Kepala Tata Usaha memiliki peran yang penting dalam sebuah lembaga pendidikan, terutama sekolah. Kepala Tata Usaha adalah penanggung jawab utama dalam mengelola semua urusan administratif, keuangan, dan sumber daya manusia di sekolah. Singkatnya, Kepala TU adalah jantung yang menggerakkan operasional sekolah agar berjalan dengan baik dan sesuai harapan.


Menjadi Kepala Tata Usaha dari Tahun 2010 sd sekarang adalah hal yang menarik bagi saya karena memiliki peran penting dalam mendukung proses belajar mengajar, memiliki banyak peluang untuk mengembangkan diri, baik dalam hal keterampilan maupun pengetahuan, memiliki kepuasan batin dengan melihat hasil kerja yang nyata dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Pendidikan di MTs. Al Kautsar. Serta Menjadi Kepala Tata Usaha adalah pekerjaan yang menantang namun sangat bermanfaat dengan tanggung jawab yang besar.


Fokus pada tujuan untuk memajukan MTs Al kautsar dengan membenahi berbagai urusan administrative, keuangan dan sumberdaya dengan inovasi untuk mencari cara baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja serta transparasi keuangan dengan mengunakan kemajuan teknologi sesuai visi dan misi yang ditetapkan Madrasah.


Selain memiliki tanggungjawab yang besar kepala Tata usaha juga memiliki tantangan dengan beban kerja yang tinggi mengurus banyak tugas sekaligus dengan tenggat waktu yang ketat, harus mampu menghadapi tekanan dari berbagai pihak, seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua serta mampu beradaptasi dengan perubahan kebijakan yang terjadi, baik dari pemerintah maupun dari sekolah itu sendiri.


“Kepala tata usaha adalah sosok yang berada di balik layar, namun memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.”

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Universitas Gunadarma 1999 – 2023

  1. Osis SMUN 1 Parung 1997 – 1998
  2. BEM Universitas Gunadarma 2000 – 2022

Sri Teguh Karyati, S. Pd.I.

Komite Madrasah

Komite Madrasah adalah badan mandiri yang dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Komite madrasah memiliki beberapa peran dan fungsi antara lain sebagai lembaga pendukung penyelenggaraan pendidikan, serta mewadahi dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Komite madrasah juga berperan aktif dalam membina hubungan dengan masyarakat serta menjalin komunikasi dan kerjasama dengan tenaga pendidik, orangtua siswa dan tokoh masyarakat dalam mengembangkan mutu pendidikan madrasah. Komite madrasah memiliki hubungan mitra dengan madrasah, meskipun keduanya bersifat mandiri.

Praktik Ibadah

S1 STAI Al Karimiyah Tahun 2013